Sunday, 3 March 2013

Urutan Mencharger Laptop yang benar





Semua batrai laptop, notebook, hp, dll Pasti akan Rusak / nge drop ! Tapi Lama rusak batrai tersebut tergantung penggunaan dari kita. batrai bisa kita jaga agar lebih awet.
Kesalahan melakukan charger / cas bisa mengakibatkan berkurangnya masa pakai dari baterai.
Anda harus memperhatikan benar bagaimana urutan ata tata cara yang baik dalam mencharger / cas batrai laptop.
Urutan dari pemasangan charger itu perlu di perhatikan, supaya masa pakai dari baterai laptop itu sendiri bisa lebih panjang.

Pertama adalah memasang kabel di laptop terlebih dahulu. Setelah itu baru menghubungkan charger ke sumber listrik. Bukan dari listrik langsung kemudian kabel charger di colokan ke laptop.

Demikian juga saat melepas charger itu, urutan yang baik adalah melepas terlebih dahulu kabel pada sumber arus listrik. 
Setelah itu baru lepas kabel pada laptop atau notebook. ini berguna untuk mencegah terjadinya arus pendek pada baterai laptop secara langsung.
Di dalam charger terdapat sebuah komponen seperti : trafo step down, dioda, beberapa kapasitor dan juga beberapa resistor. Jadi, Listrik dari sumber arus akan masuk ke trafo stepdown untuk di turunkan tegangan listriknya. Setelah itu listrik akan berlanjut ke dioda. dalam dioda, listrik akan diubah dari yang awalnya tegangan bolak-balik (AC) menjadi tegangan searah (DC).
kemudian melewati beberapa kapasitor dan resistor agar listrik outputnya menjadi stabil.
Fungsi kapasitor adalah untuk menyimpan arus listrik sebelum di teruskan.
Fungsi resistor adalah untuk menahan arus listrik yang berlebihan.
Karena itu kapasitor akan menyimpan listrik sementara yang berguna sebagai baterai kecil. Lalu arus listrik di keluarkan secara berlahan-lahan. Setelah itu barulah resistor menahan listrik yang berlebih sebelum masuk ke baterai laptop / notebook.
Tujuan dari urutan pemasangan seperti ini agar listrik yang masuk ke baterai tidak masuk dan hilang sekaligus, tapi secara perlahan akan bertambah sedikit demi sedikit. Hal ini akan terus berlanjut sampai sesuai arusnya.

Jika baterai yang masuk secara impulsif dalam keadaan jumlah yang sangat besar, maka baterai akan terkejut dan hal ini meningkatkan resiko kebocoran baterai dan merusak sel-sel pada batrai. Sama saat melepas baterai, jika tiba-tiba listrik putus, maka batrai yang semula menerima suply listrik akan terkejut dan kehabisan supply.


Perhatikan Lah dengan benar urutan dalam mencharger batrai pada laptop anda. agar usia batrai laptop anda menjadi tahan lebih lama.

4 komentar:

News IP said...

boleh juga kawan.. :D biasanya sih aku bener aja, dalam melakukan charge :D hehehe

jasa pembuat blog toko online said...

wah ternyata ngecharger juga ngga asal colok ya sob agar batre awet...nice info sob....

Zaenal Abis said...

hahay, ini dia kebiasaan yang mungkin sering dilakukan oleh banyak pengguna, termasuk saya.

Dari sumber listrik terlebih dahulu, baru ke laptop. Bahkan sumber listrik tidak pernah dicabut.. :D hhehe...

Arie Apthanta said...

wah keren nih gan infonya bermanfaat banget. thanks gan

Post a Comment

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

STATISTIK BLOG

Copyright 2013 TRIK HOT: Urutan Mencharger Laptop yang benar Template by blogger | Modified by Aldio Blog